Jumat, 03 Maret 2017

Profil Alumni Kimia Universitas Diponegoro

BY Alumni Kimia Undip No comments


Hasil interview dengan Aji Putro Wicaksono, S.Si.
            Aji Putro Wicaksono adalah salah satu alumni kimia UNDIP yang saat ini sedang bekerja di Gas and Petroleum Inspection MOR IV Division Semarang. Mas Aji, sapaan akrabnya saat diwawancarai oleh KSPM Valensi menuturkan bahwa memilih jurusan Kimia pada awalnya karena telah mengenyam bangku SMK Analis sehingga jurusan yang dipilihnya adalah Kimia dan tidak dipungkiri Kimia adalah hal yang sangat dekat dengan kehidupan karena setiap elemen kehidupan kita pasti berhubungan dengan Kimia.
Pada kesempatan acara Motivatalk, Mas Aji mengutarakan bahwa kesempatan saat kuliah tidak boleh dilewatkan satupun. Saat menjadi mahasiswa adalah saat dimana kita dapat mempelajari banyak hal seperti berorganisasi, membentuk karakter yang baik serta mempelajari aplikasi-aplikasi ilmu Kimia pada bidang industri. Mas Aji mengatakan bahwa untuk mempersiapkan diri terjun di dunia industri setelah lulus nanti, kita harus mempunyai nilai plus dibandingkan mahasiswa lain karena mengingat persaingan saat ini yang cukup ketat. Nilai plus yang harus dimiliki mahasiswa antara lain seperti sertifikat pelatihan K3, kemampuan komunikasi yang baik dan skill-skill yang lain.
Mas Aji menuturkan dahulu sempat berpindah pekerjaan sebelum pada pekerjaan yang sekarang. Hidup harus terus berjalan karena tidak dipungkiri, mahasiswa yang baru saja lulus (fresh graduate) belum memiliki banyak pengalaman, sehingga pekerjaan apapun yang diberikan kepada kita, kita harus menjalaninya dengan baik serta kita tidak boleh menganggap mudah suatu pekerjaan yang kecil. Karena dari pekerjaan kecil tersebut dapat memberikan pelajaran kepada kita untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih besar. 
Mas Aji berpesan kepada mahasiswa Kimia, saat menjalani PKL (Praktik Kerja Lapangan) manfaatkan waktu dengan baik dengan mempelajari apa saja yang ada di perusahaan tersebut serta pelajari ilmu-ilmu dasar kimia. Pinsip dan dasar ilmu kimia akan sangat berguna ketika kita berada di dunia pekerjaan. Mas Aji menambahkan, prinsip dari Mas Aji adalah follow your leader dimana leader itu merupakan hati kita dan hati kita adalah wakil dari yang menciptakan kita. Mungkin orang tua kita ingin memilih a b c, tapi hanya diri kita sendiri yang dapat menentukan tujuan hidup kita. Jadi, pilihlah yang terbaik untuk kehidupan kita dengan menggunakan hati.


0 komentar:

Posting Komentar