Senin, 13 Maret 2017

Profil Alumni Kimia Universitas Diponegoro

BY Alumni Kimia Undip No comments



Hasil interview dengan Mustaqim, S.Si.

Mustaqim, S.Si. adalah salah satu alumni Kimia UNDIP yang saat ini sedang bekerja sebagai Technical Support and Development Assistant pada PT. Advance Stabilindo Industry, Bekasi. Mas Mustaqim, sapaan akrabnya menuturkan bahwa untuk terjun di dunia industri kita harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mahasiswa dapat belajar mengenai cara berkomunikasi yang baik mulai dari saat kuliah dimana kita tidak boleh takut untuk mengutarakan pendapat kita di depan orang lain. Selain itu, pada saat melakukan interview di sebuah perusahaan, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kita harus memiliki penampilan yang baik. Dari penampilan yang baik tersebut, dapat memberikan gambaran awal yang baik mengenai diri kita. Hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah memiliki soft skill dan hard skill yang baik dan seimbang.
Mas Mustaqim menuturkan bahwa kita sebagai mahasiswa Kimia tidak perlu merasa kurang percaya diri dibandingkan dengan mahasiswa jurusan lain. Hal ini karena semua yang kita pelajari di Kimia akan sangat berguna ketika kita bekerja di dunia industri. Mas Mustaqim mengatakan seorang lulusan kimia dapat memperoleh pekerjaan di berbagai posisi. Sebagai contohnya, pada sebuah alat yang digunakan untuk membuat sebuah material, hanya mahasiswa dari jurusan Kimia yang tahu bahan apa saja yang tepat digunakan pada alat tersebut. Maka dari itu,ketika masih menjadi mahasiswa kita harus memanfaatkan berbagai kesempatan yang diberikan kepada kita. Pelajari dengan baik apa saja yang kita dapatkan di bangku kuliah dan berbagai penerapannya di bidang industri.
Pada kesempatan acara Motivatalk, mas Mustaqim yang saat ini bekerja dibidang polimer mengatakan hal yang sama seperti dengan mas Aji dimana saat mahasiswa kita bisa memanfaatkan waktu dengan mengikuti pelatihan K3, menambah pengalaman di berbagai lomba dan lain sebagainya. Mas Mustaqim menambahkan, ketika kita mendapatkan sertifikat di dalam sebuah kompetisi lomba, saat nanti interview dengan perusahaan kita harus mampu menjelaskan mengenai penelitian kita tersebut. Mengenai pemilihan laboratorium pada saat kuliah, mas Mustaqim menuturkan bahwa semua lulusan kimia memiliki kemampuan yang sama sehingga peminatan laboratorium tidak menutup kemungkinan untuk kita dapat memilih pekerjaan dengan pekerjaan yang kurang sesuai dengan laboratorium yang dipilih pada saat mahasiswa.
Mas Mustaqim berpesan kepada mahasiswa untuk terus belajar dan jangan pantang menyerah, pelajari setiap hal yang didapatkan pada saat mahasiswa untuk menyiapkan bekal terjun di dunia industri.



0 komentar:

Posting Komentar